Sukabumi Update

Lantik 2.176 Perwira, Kalemdiklat Polri Ingatkan Tantangan Polisi Makin Kompleks

Upacara penutupan pendidikan dan pelatihan perwira polri sekolah inspektur polisi angkatan 52 TA 2023 | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Acara kelulusan 2.176 Perwira Pertama Angkatan 52 yang telah melaksanakan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Setukpa Lemdiklat Polri berlangsung meriah.

Berdasarkan data yang dihimpun sukabumiupdate.com, siswa yang lulus terdiri dari 2.067 Polisi laki-laki dan 109 Polisi wanita. Secara simbolis, pelulusan secara langsung oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto di Lapang Soetadi Ronodipuro. Rabu (4/10/2023).

Dalam sambutannya, Kalemdiklat menyampaikan beberapa pesan penting bagi para anggota polri. Ia juga mengingatkan terkait pengabdian yang akan dilakukan pasca kelulusannya.

Baca Juga: Polres Sukabumi Selidiki Sumber Sampah Kain yang Kotori Pantai Loji

"Setelah dilantik, rekan-rekan akan kembali ke lapangan untuk mengabdi kepada masyarakat dan menghadapi tantangan yang semakin kompleks," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (4/10/2023)

Menurutnya, ketidakpastian global yang saat ini terjadi akibat perang Rusia dan Ukraina serta geopolitik yang semakin memanas akan berdampak pada krisis ekonomi.

Tak hanya itu, banyaknya potensi kejahatan seiring dengan perkembangan teknologi harus dapat dihadapi oleh para anggota polri.

"Digital hyperconnectivity memunculkan kejahatan berdimensi baru dan meluasnya kejahatan transnasional serta adanya fenomena citizen journalism di mana setiap gerak-gerik anggota polri menjadi perhatian publik. Ini harus kita hadapi dengan optimisme bahwa setiap tantangan merupakan peluang untuk menjadi lebih baik," jelasnya.

Baca Juga: Marc Marquez Resmi Tinggalkan Honda Setelah 11 Tahun Kerja Sama

Terlebih, menghadapi tahun politik di 2024 mendatang. Ia menegaskan bahwa keberhasilan dan keamanan Pemilu dan Pilkada serentak akan menjadi harga mati yang harus dijaga.

“Tentunya tahun politik ini membawa tantangan baru baik dari sisi penyelenggaraan maupun sisi keamanan. Keberhasilan dan keamanan Pemilu serta Pilkada serentak 2024 menjadi harga mati yang harus kita jaga sehingga Indonesia dapat memiliki demokrasi yang matang menuju Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT