Sukabumi Update

Foto Bareng Ketua KPK-Yasin Limpo Trending, Firli Bantah Pemerasan USD 1 Miliar

Trending topic pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini Jumat, (6/10/2023) nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjadi salah satu trending topic di media sosial X (dulu Twitter) dengan jumlah post sebanyak 7.937 post.

Berdasarkan hasil penelurusan sukabumiupdate.com, trendingnya Firli merujuk pada pertemuan dua tokoh (Firili dan SYL) ditengah kasus korupsi yang mennyeret Syahrul Yasin Limpo. Dalam satu cuitan menyebutkan Firli bersama Yasin Limpo dalam foto tersebut bertemu di Lapangan Bulutangkis.

Dalam foto, Firli terlihat mengenakan pakaian olahraga. Kaus berkerah bernuansa putih dan biru yang dipadupadankan celana pendek hitam, serta sepatu hitam. Keduanya terlihat duduk di satu kursi panjang dengan posisi menyamping, namun wajah mereka berhadapan. Di antara kedua tersaji tiga potong jagung rebus dan cangkir.

Baca Juga: Prediksi Liga 1 Dewa United vs PSS Sleman: Head to Head, Susunan Pemain dan Skor

Melansir suara.com, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) enggan menanggapi foto pertemuan antara Ketua KPK Firli Bahuri dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo, Mentan SYL saat ini terjerat kasus korupsi di Kemnetrian Pertanian.

Anggota Dewas KPK Syamsudin Haris mengatakan pihaknya tengah menunggu proses penyelidikan di Polda Metro Jaya.

"Saya tidak ada tanggapan. Polda kan sedang melakukan penyelidikan. Kita tunggu saja," kata Syamsudin saat dihubungi Suara.com pada Jumat (6/9/2023).

Sebagaimana diketahui, Polda Metro Jaya tengah mengusut dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di kasus korupsi Kementan. Mentan Syahrul pada Kamis (5/9/2023) kemarin, diperiksa tiga jam di Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Pandawara Bantu Bersihkan Pantai Loji Sukabumi, Warga Berburu Selfie

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, laporan tersebut diterima pada tanggal 12 Agustus 2023.

Ade Safri membenarkan, jika dumas tersebut adalah terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan oleh pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2021.

“Pada tanggal 12 Agustus 2023 tim penyelidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menerima dumas atau pengaduan masyarakat terkait dengan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi RI dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian RI tahun 2021,” katanya Kamis 5 Oktober 2023 malam, dikutip dari PMJ News.

Firli Bahuri Membantah

Terpisah, Ketua KPK Firli Bahuri menampik adanya tindakan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam pengusutan korupsi di Kementan.

Baca Juga: Berperan Sebagai Istri yang Diselingkuhi, Laura Basuki Trending Topic

Firli juga membantah jika dirinya menemui Syahrul Yasin Limpo dan menerima uang senilai USD 1 miliar.

“Saya kira nggak ada orang-orang menemui saya, apalagi ada isu sejumlah USD 1 miliar, saya pastikan nggak ada. Bawanya berat itu. Kedua, siapa yang mau kasih itu,” kata Firli dalam keterangan pers, Kamis 5 Oktober 2023.

Ia mengaku, hanya bertemu Syahrul Yasin Limpo dalam rapat terbatas atau sidang kabinet. “Di Kementerian Pertanian, saya kenalnya hanya menteri. Di saat rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna, saya selalu bicara pada menteri sebelum sidang, itu diambil fotonya,” katanya.

Ia menegaskan, selaku pimpinan KPK tidak pernah melakukan hubungan dengan berbagai pihak untuk meminta sesuatu.

Baca Juga: Standarisasi Laboratorium, Nusa Putra Kunjungi Koblenz University di Jerman

“Saya pastikan kami tidak pernah melakukan hubungan dengan para pihak, meminta sesuatu, apalagi disebut pemerasan. Saya kira tidak ada tuduhan itu,” katanya.

Sumber : Suara.com

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT