Sukabumi Update

Kabupaten Banyumas Dinobatkan Sebagai Pengelolaan Sampah Terbaik Se-Asia Tenggara

Kabupaten Banyumas Dinobatkan Sebagai Pengelolaan Sampah Terbaik Se-Asia Tenggara. | (Sumber : banyumaskab.go.id).

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menorehkan prestasi gemilang dengan dinobatkannya sebagai pengelolaan sampah terbaik di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara.

Penobatan Kabupaten Banyumas menjadi daerah dengan pengelola sampah terbaik se-Asia Tenggara diberikan dalam acara yang bertajuk 'Smart Green ASEAN Cities (SGAC) Programe’s 2nd City Windows Series'.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein membagikan cerita awal mula adanya inovasi pengelolaan sampah menjadi nilai ekonomis diawali dari keterpaksaan yang lahir karena Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dikelola Pemda telah ditutup oleh warga.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

"Awal mula Banyumas membangun pusat daur ulang sampah, namun kurang maksimal. Kemudian dibangunlah Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) yang dilengkapi mesin pemilah sampah antara sampah organik dan anorganik" jelasnya, sebagaimana dikutip via laman resmi banyumaskab.

Ia juga menambahkan jika pengelolaan sampah ini dilakukan dari hulu ke hilir dengan mengajak masyarakat untuk turut serta memilih dan memilah sampah hingga menjualnya kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Semua sampah yang dijual kepada Pemkab itu transaksinya menggunakan aplikasi Sampah Online Banyumas (Salinmas) dan Ojeke Inyong (Jeknyong).

Baca Juga: 8 Ciri Orang yang Sering Merasa Malas dan Tidak Semangat, Kamu Termasuk?

"Dari sampah yang dipilah, diolah dan menghasilkan paving, atap, bata, pupuk kompos serta biji plastik yang memiliki nilai ekonomi," tuturnya.

Bahkan, Dirjen Pengelolaan Limbah, Sampah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratnawati pun mengakui bahwa Banyumas memang salah satu kabupaten terbaik dalam pengelolaan sampah dengan prosentase sampah yang dibuang ke TPA hanya 9%.

"Dan hal ini, kami jadikan percontohan untuk daerah-daerah lain hingga ke luar negeri. Bahkan inovasi sampah Banyumas juga dibawa ke Bangkok, Thailand untuk pembelajaran PBB dalam pengelolaan sampah," ujarnya.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

Ia pun sangat bangga dengan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemkab Banyumas dengan caranya sendiri dengan basis kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT