Sukabumi Update

Jokowi: Indonesia Sangat Marah Terhadap Memburuknya Situasi di Gaza Palestina

Konferensi pers Presiden Jokowi mengenai sikap pemerintah Indonesia atas konflik Palestina dan Israel di Gaza. (Sumber : Sekretariat Kabinet RI)

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sikap Indonesia terhadap situasi di Gaza, Palestina. Menurut Jokowi, Indonesia sangat marah atas memburuknya situasi di sana.

"Baru saja tadi saya memimpin rapat terbatas mengenai Palestina, Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza, terutama situasi kemanusiaan," kata Jokowi lewat tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/10/2023)

Jokowi mengatakan, posisi Indonesia sangat jelas dan tegas, mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza.

Baca Juga: Digunakan Israel Untuk Bombardir Palestina, Ini 4 Fakta Mengerikan Bom Fosfor Putih

Indonesia juga terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini.

“Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat, diakselerasi,” jelasnya.

Jokowi kemudian menyampaikan bahwa Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

“Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina, dan kloter pertama akan dikirimkan minggu ini. Bantuan ini adalah gabungan bantuan dari pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT