Sukabumi Update

Jadi Wakil Ketua Pansus, Slamet Soroti Masalah Keamanan Laut Indonesia

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) drh Slamet sekaligus Wakil Ketua Pansus RUU Kelautan. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) sekaligus Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Kelautan, drh Slamet, mengatakan laut Indonesia harus dapat dikelola dengan baik.

Pernyataan ini disampaikan Slamet berkaitan dengan kunjungan kerja Pansus RUU Kelautan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin, 20 November 2023. Slamet sendiri adalah legislator asal daerah pemilihan Sukabumi.

Kunjungan kerja itu dilakukan untuk menyerap aspirasi terkait Rancangan Undang-Undang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

"Kelemahan kita saat ini adalah coast guard (penjaga laut dan pantai) yang belum kuat dan belum jelas di undang-undang kita. Sehingga, masukan yang kita dapat, itu yang akan kita masukkan ke undang-undang mengenai coast guard itu, apa dan fungsinya seperti apa," ujar politisi senior Fraksi PKS tersebut.

Baca Juga: Masih Kurang, Slamet Dorong Pemerintah Penuhi Anggaran Pupuk Subsidi 100 Persen

Dalam kunjungan kerja ini, Slamet juga menggali informasi terkait bagaimana pelaksanaan penyelenggaraan keamanan dan keselamatan laut yang dilakukan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai.

"Kita bahas dan pertimbangkan, apakah perlu penggabungan fungsi keduanya dalam satu lembaga," ujar dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT