Sukabumi Update

Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Sementara, Jokowi Ucapkan Pesan Hati-hati

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango mengungkapkan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai ia membacakan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 November 2023. “Ada satu ucapan, hati-hati dalam menjalankan tugas,” katanya menirukan.

Mengutip laporan tempo.co, Jokowi telah menandatangani Surat Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian sementara Firli Bahuri selaku Ketua KPK pada Jumat malam, 24 November 2023. Dalam Keppres Nomor 116/P Tahun 2023 tersebut, presiden menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

Setelah membacakan sumpah jabatan di Istana Negara, Nawawi mengatakan akan pergi ke kantor KPK untuk rapat dengan para pimpinan lembaga tersebut. “Kita berbincang mengenai segala hal. Banyak yang harus kita lakukan dan menjadi skala prioritas kita karena banyak menyikapi situasi yang dihadapi KPK,” katanya.

Baca Juga: Mengenal Nawawi Pomolango: Ketua KPK Sementara Pengganti Firli Bahuri

Firli Bahuri sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak saat jumpa pers pada Rabu, 22 November 2023, mengatakan pihaknya mengantongi barang bukti perkara yang menguatkan status tersangka Firli.

Di antaranya hasil penggeledahan di dua lokasi kediaman pribadi Firli. Barang bukti yang ditemukan polisi antara lain dokumen penukaran valuta asing dalam pecahan dolar Singapura dan Amerika Serikat pada Februari-September 2023. Total uang yang ditukar mencapai Rp 7,5 miliar.

Firli kemudian melakukan perlawanan dengan mengajukan gugatan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka pemerasan dan gratifikasi oleh Polda Metro Jaya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Humas PN Jakarta Selatan Djuyamto saat dihubungi Tempo pada Ahad, mengatakan lembaganya telah menerima surat praperadilan dengan Nomor: 314/Praper/IISPA/XI/2023 pada Jumat, 24 November 2023. Ia mengatakan, sidang perdana praperadilan Firli Bahuri akan digelar pada 11 Desember 2023.

Adapun Presiden Jokowi tidak mau banyak mengomentari kasus Firli Bahuri, begitu pula dengan upaya praperadialnnya. "Hormati seluruh proses hukum. Karena masih dalam proses, saya tidak ingin berkomentar," katanya di Indonesia Arena pada Sabtu.

Firli dijerat Pasal 12e, Pasal 12B, dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 KUHP. Ia terancam pidana penjara maksimal seumur hidup, dengan minimal empat tahun.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT