Sukabumi Update

Kamis Sore Gerhana Matahari Cincin Lintasi Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Sukabumi termasuk salah satu dari 124 kabupaten/kota di Indonesia yang akan dilintasi gerhana matahari cincin, pada hari Kamis (1/9) besok. Dikutip dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana terjadi sore hari di Indonesia, dengan waktu berbeda di setiap kota dan kabupaten yang dilintasi.

Gerhana Matahari kali ini ditandai dua garis merah yang berdekatan, dapat diamati di Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia. Untuk wilayah Indonesia, gerhana dapat diamati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Data yang dirilis BMKG menyebutkan, seluruh wilayah Jawa Barat akan dilintsi gerhana matahari cincin dari pukul 17.26 WIB hingga pukul 17.31 WIB. Untuk Sukabumi, gerhana matahari cincin ini jika cuaca cerah dapat dilihat pada pukul. 17.27.36.0 WIB dan wilayah Palabuhanratu pada pukul 17.27.8.0 WIB.

Untuk Sukabumi, durasi mulai gerhana hingga matahari terbenam tercatat sepanjang 24 menit 7,2 detik, sedangkan di Palabuanratu durasi gerhananya lebih panjang yaitu 25 menit 57,7 detik. BMKG menghimbau warga yang ingin nonton gerhana untuk menggunakan pelindung agar tidak terjadi kontak langsung dengan mata, untuk menghindari dampak.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI