Sukabumi Update

Viral Video Mobil Dinas Presiden Bocor Ban di Jawa Tengah, Jokowi Turun Jalan Kaki

Mobil dinas Presiden alami bocor ban di Jawa Tengah, Jokowi terlihat turun dari mobil dan jalan kaki | Foto : capture video tiktok

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di media sosial tiktok, mobil dinas Presiden Jokowi diduga mengalami ban bocor saat tengah melakukan kunjungan kerja di Grobogan, Jawa Tengah.

Dalam video mulanya terekam Jokowi sedang berdiri di sisi jalan. Video diambil dari rekaman sopir truk yang sedang melaju pelan dari arah berlawanan.

"Bapak jokowi keluar mobil, Roda RI 1 Bocor," tulis narasi dalam video tersebut.

Tak jauh dari Presiden Jokowi yang sedang berjalan kaki, mobil kepresidenan sedang berhenti. Kemudian disorot pada area belakang mobil terdapat pasukan pengaman presiden (paspampres). Tetapi dalam klip itu tampak paspampres sedang mendistribusikan bungkusan. Bagasi belakang berisi muatan juga sedang terbuka.

Terlihat disekitar mobil Menteri PU Basuki dan Menko PMK bergegas berjalan kaki menuju kearah Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Warga Dengar Suara Misterius Jelang Longsor Timbun 10 Rumah di Cibadak Sukabumi

Spesifikasi Mobil Kepresidenan

Melansir dari suara.com, Jokowi diketahui menggunakan mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard yang digunakan oleh Presiden Jokowi diketahui memiliki sertifikat perlindungan VR10, yang merupakan sertifikasi tertinggi untuk kendaraan sipil dalam hal perlindungan.

Mobil ini juga mendapatkan sertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010, menunjukkan bahwa kendaraan ini dirancang untuk tahan terhadap ledakan.

Mengenai performa, Mercedes-Benz S600 Guard dilengkapi dengan mesin bensin V12 berkapasitas 6000 cc yang mampu menghasilkan daya sebesar 530 tenaga kuda, dengan torsi mesin mencapai 830 Nm.

Dengan kombinasi transmisi otomatis 7G-Tronic, mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 210 km/jam. Ini menjadikan Mercedes-Benz S600 Guard memiliki kemampuan untuk berakselerasi saat dibutuhkan.

Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Salah satunya adalah perlindungan anti peluru untuk penumpang yang duduk di jok belakang, bahkan mampu melindungi dari serangan senjata mesin M60.

Baca Juga: Warga Waswas Bangunan Ruang Kelas SDN 2 Bojong Sukabumi Rusak Berat

Perlindungan anti peluru ini dicapai dengan menggunakan kaca yang lebih tebal daripada kaca mobil standar. Bahkan, kaca pada Mercedes-Benz S600 Guard begitu berat sehingga memerlukan alat hidrolik untuk membuka dan menutupnya.

Tidak hanya itu, bagian bawah mobil Presiden Jokowi dilapisi dengan pelat khusus yang mampu menahan alat peledak yang mungkin diletakkan di bawah mobil.

Pada bagian bawah, mobil ini juga menggunakan ban dengan teknologi anti kempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Dengan teknologi ini, mobil masih dapat bergerak hingga jarak 30 km meskipun tekanan ban mencapai 0.

Sumber : suara.com

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT