Sukabumi Update

Mahfud MD Minta Menghadap Jokowi soal Rencana Mundur dari Kabinet

Mahfud MD (Menkopolhukam/Cawapres Paslon 3) (Sumber : Youtube KPU)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar terkait rencana mundurnya Menkopolhukam semakin santer diberitakan. Hal itu seiring dengan adanya pertemuan antara Mhafud MD dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pada Senin, 29 Januari 2024.

Mengutip dari tempo.co, Pratikno membenarkan ia telah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. Ia menyatakan Mahfud belum menyerahkan surat pengunduran dirinya.

“Pak Menko mohon menghadap Bapak Presiden,” kata Pratikno melalui pesan singkat seperti dikutip tempo.co, Selasa (30/1/2024).

Laporan Tempo sebelumnya menyebut Mahfud bertemu dengan Pratikno di Kompleks Rumah Menteri Widya Chandra, kawasan Jakarta Selatan. Keduanya membahas rencana mundur Mahfud dan mekanisme pengunduran diri dari kabinet.

Baca Juga: Guntur Subagja Mahardika Kembali Pimpin Pusat Riset CSPS SKSG UI

Presiden Jokowi masih terjadwal untuk kunjungan kerja di kawasan Jawa Tengah. Kepala negara akan berada di Ibu Kota pada Kamis, 1 Februari 2024.

Mahfud saat ini maju sebagai calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo. Ia sudah mengatakan pada waktunya akan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju. Ganjar merekomendasikan Mahfud mundur agar tak ada konflik kepentingan selama mereka berkontestasi.

"Bahwa pada saatnya yang tepat pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," Kata Mahfud di Semarang pada Selasa malam, 23 Januari 2024.

Presiden Jokowi tidak menghalangi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md untuk mundur. "Ya itu hak, dan saya sangat menghargai," kata Jokowi saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Rabu, 24 Januari 2024.

Belakangan hubungan Presiden dan PDIP, partai utama pendukung pemerintah, disebut retak. Musababnya putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

Sumber : tempo.co

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT