Sukabumi Update

Habib Hasan Bin Jafar Assegaf Wafat, Ini Profil Pendiri Majelis Nurul Musthofa Itu

Habib Hasan Bin Jafar Assegaf Wafat di usia 47 tahun pada Rabu 13 Maret 2024 atau di hari kedua bulan Ramadan (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik yakni Habib Hasan bin Ja'far Assegaf yang wafat di awal Ramadan ini tepatnya Rabu (13/3/2024).

Dikutip dari Tempo.co, Pendiri Yayasan Majelis Taklim Nurul Musthofa tersebut wafatdi usia 47 tahun. Bahkan ramai dikabarkan, ia meninggal usai melakukan sholat dhuha.

"Telah wafat guru mulia kita Adda’iIllallah Al Mujahid Fi Sabilillah Akhinal Mahbub Al Habib Hasan Bin Jafar Assegaf," tutur adik almarhum, Habib Abdullah melalui akun Instagram-nya @habib_abdullah_bin_jafar, Rabu, 13 Maret 2024.

Para pesohor mengungkapkan duka citanya setelah mendengar ia berpulang. Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan langsung melayat ke rumah duka.

Baca Juga: Ada 100 Ribu Lebih Habib di Indonesia, Begini Cara Cek yang Asli atau Palsu

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo membuat unggahan foto saat ia dan almarhum bertemu. "Habib Hasan, kami bersyukur bisa menjadi bagian dari majelismu, menjadi bagian dari orang-orang yang mencintaimu dan kakek moyangmu. Kami bersaksi engkau adalah orang salih yang memberi tauladanan kesalihan hingga akhir hayat," tulis Ganjar.

Profil Habib Hasan bin Ja'far Assegaf

Habib Hasan disebut lahir dan dibesarkan di keluarga ulama Betawi, namun ia memiliki gen Arab yang berasal dari kedua orang tuanya, yakni: Umar bin Ja’far Assegaf dan Syarifah Fatmah. Ia dikenal sebagai pendakwah di daerah Petamburan, Tanah Abang.

Habib Hasan lahir pada 23 Januari 1977 di Kramat Empang, Bogor. Ia merupakan anak sulung dari empat bersaudara. Ketiga adiknya adalah Habib Abdullah, Habib Musthofa, dan Habib Qasim bin Ja’far Assegaf. Ia memulai berdakwah saat berusia 21 tahun.

Baca Juga: Sering Tampil Sederhana, Ini 4 Sumber Kekayaan Habib Usman Suami Kartika Putri

Hasan pernah menempuh pendidikan di Kota Malang, yakni di pondok pesantren Darul Hadist Al-Faqihiyah selama dua tahun pada 1989. Pada 1993, Hasan melanjutkan pendidikannya dengan mengaji di pondok pesantren Darut Tauhid di bawah pimpinan Syekh Abdullah Abdun yang masih berada di Kota Malang. Ia juga sempat menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel yang kala itu masih berlokasi di Kota Malang (kini berpindah di Surabaya).

Panggilan habib yang kerap dilekatkan pada dirinya lantaran Hasan merupakan keturunan Nabi Muhammad Saw dari keturunan Sayyidina Husein bin Ali. Jenazah Habib Hasan disemayamkan di Masjid Nurul Mustofa Center, Cilodong, Depok. Ia akan dimakamkan besok, Kamis, 14 Maret 2024.

Sumber: Tempo.co/Jihan Ritsiyanti | Instagram | Skripsi Irma Elvita Mahasiswa UI (2010)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT