Sukabumi Update

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga di wilayah Banten dan sekitarnya termasuk Jakarta dan Sukabumi Sabtu, 27 April 2024 pukul 15:27:12 WIB, dikejutkan dengan guncangan gempa bumi tektonik. Analisa BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan M=4,8. di laut barat daya Sumur Banten dengan kedalaman 10 KM.

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini dangkal ini akibat aktivitas Sesar Bawah Laut,” jelasnya kepada wartawan melalui rilis BMKG.

Dampak guncangan gempa ini cukup luas, Digambarkan pada Shakemap BMKG dan laporan warga gempa ini dirasakan di wilayah Lebak dengan Skala Intensitas III MMI, di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI dan di Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI.

Baca Juga: Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” lanjut Daryono.

Ia juga menjelaskan hingga pukul 16:05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan. Yaitu pada pukul 15:47 WIB dengan kekuatan M=3.3.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT