Sukabumi Update

Penumpang Garuda Meninggal di Penerbangan Makassar-Jakarta

SUKABUMIUPDATE.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia memberikan penjelasan terkait dengan kejadian meninggalnya seorang penumpang dalam penerbangan rute Makassar-Jakarta, hari ini.

Pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA-611 itu berangkat dari Makassar pada pukul 06.20 WITA, dan mendarat di Jakarta pada pukul 07.45 WIB.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar menjelaskan kejadian itu berawal ketika seorang penumpang pingsan, sekitar 20 menit sebelum pesawat mendarat.

Awak pesawat pun bergegas memberikan pertolongan pertama kepada penumpang yang bernama Djafar Afghani, 41 tahun, yang menempati kursi kelas ekonomi nomor 22K.

“Penumpang pingsan dan pilot mengumumkan kepada seluruh penumpang di penerbangan GA 611, jika terdapat penumpang yang berprofesi sebagai dokter,” ujar Benny, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/2).

Benny melanjutkan setelah pengumuman itu, salah seorang penumpang yang duduk di kelas bisnis kursi 08A dan berprofesi sebagai dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kondisi Djafar.

Setelah diperiksa, penumpang yang juga dokter itu mengatakan perlu adanya penanganan lebih lanjut atau medical assistance untuk Djafar.

Benny berujar awak pesawat kemudian segera berkoordinasi dengan tim ground handling Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng untuk pengadaan ambulance dan menyiapkannya di sisi parkir pesawat. Sehingga, sesaat setelah mendarat Djafar dapat segera dibawa ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta.

“Setelah mendarat segera penumpang dibawa ke ambulance dengan fasilitas ambulift, dengan didampingi salah seorang rekan penumpang yang berada di penerbangan yang sama,” kata Benny.

Kemudian, setibanya di Kantor Kesehatan, Djafar segera diperiksa dan tak lama kemudian dokter menyatakan penumpang meninggal, dengan diagnosa serangan jantung. “Garuda Indonesia telah melakukan prosedur penanganan penumpang yang sakit sesuai dengan prosedur yang ada.”

 

Sumber: TEMPO

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI