Sukabumi Update

Perlindungan Satwa, ProFauna Pantau Wisata Bersatwa Bandung

SUKABUMIUPDATE.com -  Tempat-tempat wisata dengan daya tarik satwa menjadi tren di Bandung. Masalahnya, menurut Koordinator ProFauna perwakilan Jawa Barat, Rinda Aunillah Sirait, perizinan terkait pemeliharaan satwa di beberapa tempat wisata itu terbukti ada yang tidak jelas. “Koleksi satwanya pun ada yang tergolong dilindungi,” kata Rinda, Sabtu (18/2).

Menurut Rinda, ProFauna memantau beberapa tempat wisata di daerah Bandung utara. Sejumlah lokasi wisata di sana menjadikan beragam satwa sebagai daya tarik bagi pengunjung. “Ada yang dinamakan Mini Zoo, ada yang khusus burung-burungan, satwa campuran, juga masih ada ekploitasi satwa di sana, termasuk di mal,” kata Rinda, Sabtu (18/2).

Rinda mencontohkan, ada sebuah tempat wisata yang memajang burung hantu pada siang hari, agar pengunjung bisa berfoto-foto. “Kegiatan itu melanggar kesejahteraan hewan, karena masa terjaga burung hantu pada malam hari,” ujar Rinda.

Pada kasus terbaru, dari hasil laporan ProFauna, ujar Rinda, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat (BBKSDA Jabar) menyita 16 ekor satwa dilindungi dari sebuah tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat, Jumat (17/2). 

Penyitaan itu bermula dari laporan warga, Mega Dwi Anggraeini, yang curiga soal keberadaan owa jawa (Hylobates moloch) di tempat itu sebagai satwa dilindungi. “Waktu lihat foto sepupu di tempat itu, latarnya kandang dan ada mirip owa,” kata Mega, Sabtu (18/2). Salinan gambar itu ditanyakan ke ProFauna dan dipastikan itu owa.

Einda mengatakan, sesuai aturan, tempat wisata yang berminat memelihara satwa bisa menjadi lembaga konservasi atas seizin Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam. Tanpa izin tersebut, termasuk jenis satwanya, sejumlah tempat wisata terbukti melanggar aturan karena mengkoleksi satwa yang dilindungi. “Kami berharap aparat penegak hukum bertindak tegas dan jelas. Ini terkait kasus perdagangan satwa,” ujar Rinda.

 

Sumber: TEMPO

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI