Sukabumi Update

Pelaku Bom Bandung Yayat Diduga Rangkai Bom di Kontrakan

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian Daerah Jawa Barat telah menggeledah kontrakan Yayat Cahdiyat alias Dani alias Abu Salam, pelaku bom panci di Taman Pandawa, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, pada Senin (27/2) lalu. Dalam penggeledahan di rumah yang beralamat di Kampung Ciharashas, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, itu, polisi menemukan sejumlah barang bukti yang menguatkan dugaan bahwa Yayat merangkai bom tersebut.

“Ada alat-alat yang diduga sebagai bahan pembuatan bom panci," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar, di markasnya, Selasa (28/2).

Barang-barang itu antara lain sejumlah panci, dua penanak nasi, paku, bahan peledak, gunting, serta gulungan kabel. Boy menuturkan bahwa barang-barang itu juga menguatkan dugaan aksi teror Yayat telah direncanakan secara matang. "Tampaknya dari sisa-sisa pembuatan bom panci yang diledakkan," ujar Boy.

Yayat adalah warga baru di lingkungan rumah kontrakannya. Pria kelahiran Purwakarta, 24 Juni 1975, itu menyewa rumah kontrakan sekitar enam bulan lalu. Sehari-hari warga sekitar rumah mengenal Yayat sebagai penjual bubur.

Sebelumnya, Yayat tinggal di Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Ketua rukun tetangga setempat, Alis Wiwin, menceritakan kehidupan Yayat saat tinggal di kampungnya. Wiwin berujar tak mengenal Yayat secara baik. “Dia tertutup orangnya,” kata dia.

Yayat tinggal bersama istri dan tiga anaknya. Di kampung itu, Yayat dikenal dengan panggilan Abi Salam. Tak ada pula yang mengetahui nama istri Yayat karena tidak pernah bergaul dengan warga. Mulanya, tak ada yang tahu Yayat berpindah. Rumahnya dibiarkan kosong dan ditinggalkan begitu saja. “Tidak ada pamitan, tiba-tiba saja ditinggalkan,” kata Nia, salah satu tetangga sebelah rumah kontrakannya.

Yayat tewas tertembak setelah sebelumnya bersama seorang rekannya meledakkan bom panci di area Taman Pandawa pada Senin pagi lalu. Polisi kini tengah memburu rekan Yayat.

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI