Sukabumi Update

Kepala BNN: Ratusan Narkoba Jenis Baru Mengancam Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan ratusan narkotika jenis baru menjadi ancaman serius bagi Indonesia. 

"Cepat atau lambat narkotika jenis baru akan masuk ke Indonesia," ujar Budi dalam acara coffeemorning dengan Ketua DPR RI Setya Novanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Mantan Kabareskrim yang akrab dipanggil Buwas itu mengatakan saat ini terdapat 800 narkotika jenis baru di dunia. Dari jumlah tersebut 160 di antaranya telah masuk ke Indonesia. 

Namun, ujar Buwas, hanya 43 yang baru bisa teridentifikasi dan diberi aturan hukum.  "117 sisanya masih beredar aman, tidak bisa kami tangkap," kata dia.

Banyaknya narkotika yang tak teridentifikasi tersebut disebabkan adanya keterbatasan fasilitas, terutama laboratorium di Indonesia. Untuk itu, Buwas mengaku telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk membangun pusat laboratorium nasional agar tak kecolongan.

Buwas juga mengatakan beredarnya narkotika jenis baru tersebut harus dipikirkan sebagai ancaman serius bagi negara mengingat Indonesia memiliki kelemahan secara geografis. "Secara geografis lemah, banyak pulau. Maka kita kemasukan (narkotika) terus," tutur Buwas.

Menurut Buwas  saat ini terdapat 11 negara yang menjadi pensuplai narkotika dengan berbagai jenis ke Indonesia. Negara pensuplai itu di antaranya Tiongkok, India, Pakistan, Afrika Barat, dan negara-negara Timur Tengah. Suplai dari negara-negara tersebut bermuara ke Indonesia melalui Malaysia dan Singapura.

 

Sumber : Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI