Sukabumi Update

Bertemu Wiranto, Ini Tuntuan Demonstran 313

SUKABUMIUPDATE.com - Perwakilan massa demonstran Aksi 313 menemui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk menyampaikan sejumlah tuntutan. Selain meminta pemerintah mencopot Basuki Tjahaja Purnama dari jabatan Gubernur DKI Jakarta, mereka menuntut pembebasan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al-Khaththath. 

”Agar sebelum pukul 18.00 (Al-Khaththath) bisa dibebaskan,” kata Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia Usamah Hisyam seusai pertemuan dengan Wiranto di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

 Al-Khaththath, Zainudin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha, dan Andry ditahan personel Polda Metro Jaya, Jumat dinihari (31/3), karena dugaan makar.

Usamah mengatakan pihaknya akan menunggu kabar dari Wiranto yang berangkat ke Istana Kepresidenan seusai pertemuan itu. Hal itu sesuai dengan janji Wiranto menyampaikan hasil audiensi kepada Presiden Joko Widodo.

”Tadi kata Pak Wiranto kalau (Aksi 313) setelah pukul 18.00 itu melanggar hukum. Kami tak bisa langsung membubarkan, kami akan musyawarah dulu,” tuturnya.

Usamah memastikan tak ada agenda bernada negatif, seperti makar dalam Aksi 313. “(Dugaan) Agenda makar ini mengada-ada. Ini kami tentang, kriminalisasi para ulama.” 

Wiranto pun berjanji berkoordinasi dengan Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengenai penangkapan Al Khaththath. “Soal kriminalisasi para ulama, tentu aparat keamanan punya alasan tertentu. Saya akan tanyakan,” kata Wiranto. 

Ia ingin memastikan cukup-tidaknya bukti sebagai syarat menahan penggerak Aksi 313 itu. “Kalau bukti-bukti belum cukup, tentu ada proses untuk melepaskannya. Itu pasti, tapi kan perlu komunikasi dulu.”

 

Sumber : Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI