Sukabumi Update

Di Sidang Paripurna MPR, Jokowi Pamerkan Capaian Pemerintah

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang Paripurna Tahunan MPR RI digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memamerkan capaian-capaian pemerintah selama beberapa tahun terakhir. Salah satunya, capaian pemerintah dalam hal perekonomian seperti meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia.

"Indeks Pembangunan Manusia kita naik dari 68,90 persen di tahun 2014 menjadi 70,18 di tahun 2016," ujar Jokowi dalam pidato Sidang Paripurna Tahunan MPR, Rabu (16/8/2017).

Selain berhasil menaikan Indeks Pembangunan Manusia, Jokowi melanjutkan bahwa pemerintah juga berhasil menurunkan Indeks Gini Rasio. Dari yang sebelumnya 0,414 persen pada 2014, angka tersebut berhasil diturunkan menjadi 0,393 pada 2017.

Di luar hal ekonomi, Jokowi memamerkan salah satunya pembentukan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Menurutnya, pembentukan tersebut patut ditegaskan untuk menunjukkan bahwa pemerintah tak hanya memperhatikan pemerataan ekonomi, tetapi juga pembangunan ideologi Pancasila pada bangsa.

"Dalam bidang ideologi, kita harus terus memperkuat konsensus kebangsaan untuk menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," tegas Jokowi.

Masih di hal politik, Jokowi juga memamekan keberhasilan pemerintah menyelenggarakan proses demokrasi di level lokal yaitu Pilkada DKI Jakarta 2017. Sebagaimana diketahui, ada 101 Pilkada Serentak di Indonesia pada tahun 2017.

Ia menegaskan bahwa pemerintah belum puas dengan pencapaian yang ada. Menurutnya, pencapaian pemerintah masih kurang dan masih harus digenjot. Adapun hal yang masih akan dikejar adalah pemerataan ekonomi yang berkeadilan, pembangunan infrastruktur, hingga perlawanan terhadap radikalisme.

"Semua capaian itu seharusnya tidak membuat kita berpuas diri. Kita masih dihadapkan dengan ketidakpastian ekonomi global, gerakan ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme," ujar Jokowi mengakhiri.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI