Sukabumi Update

Ini Kata Kapolda Metro Jaya Soal FPI Gelar Aksi di Gedung Tempo

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis mengaku sudah mendengar rencana Front Pembela Islam disingkat FPI yang akan berunjuk rasa di Gedung Tempo, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Selatan, besok Jumat, 16 Maret 2018.

"Sudah dengar saya," kata Idham saat dihubungi Tempo, Kamis, 15 Maret 2018 sore ihwal rencana aksi demonstrasi FPI tersebut.

Namun saat ditanya berapa personil polisi yang akan dikerahkan untuk mengamankan aksi damai tersebut, Idham enggan memberikan jawaban.

Dia lalu menganjurkan untuk menanyakan hal tersebut langsung kepada Kepala Kepolisian Resor Jakarta Barat. "Tanyakan sama Kapolres Jakarta Barat saja," demikian Idham.

Menurut Juru Bicara FPI Novel Bamukmin, aksi damai tersebut dilakukan karena FPI tidak terima Tempo membuat kartun menggambarkan seorang pria berjubah putih yang duduk di depan seorang wanita, yang dimuat di majalah Tempo edisi 26 Februari 2018. Novel mempersepsikan pria tersebut sebagai pemimpin tertinggi FPI Rizieq Shihab.

Sebelum berangkat menuju Tempo, massa aksi akan berkumpul di Masjid Al-Ishlah, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. "Aksi damai dilakukan seusai salat Jumat," ujar Novel, Kamis 15 Maret 2018.

Namun Novel belum bisa memastikan jumlah pengunjuk rasa yang akan mengikuti aksi. "Belum bisa diestimasi kalau masalah jumlahnya," ucap Novel.

Dalam aksi damai tersebut, FPI akan meminta agar majalah Tempo segera menghentikan atau mengklarifikasi gambar kartun tersebut. "Serta melakukan permohonan maaf dengan apa yang dimaksud dengan gambar kartun itu," ucap Novel.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI