Sukabumi Update

Ramai Rumor Utang RI Bertumpuk, Ini Rinciannya Menurut Jokowi

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi menilai ada provokasi dalam rumor yang merebak mengenai jumlah utang RI. Jokowi mencatat, beberapa pihak menuliskan utang Indonesia kini mencapai Rp 4.000 triliun tanpa rincian yang memadai dan menciptakan kesan pemerintahannya gemar berutang kepada asing. 

Menurut Jokowi, Indonesia telah memiliki utang Rp 2.700 triliun saat dia dilantik. Bunga utang itu Rp 250 triliun per tahun. Sehingga, dalam empat tahun, bunga utang bertambah Rp 1.000 triliun.

“Mengerti enggak ini? Supaya mengerti, jangan dipikir saya utang sebesar itu," kata Jokowi saat berpidato dalam acara Konvensi Nasional Galang Kemajuan Tahun 2018, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 7 April 2018, seperti tertulis dalam rilis Biro Pers Sekretaris Presiden.

Presiden menyayangkan sejumlah pandangan negatif yang dituduhkan kepadanya belakangan ini, mulai hal yang sifatnya pribadi hingga program pemerintah di bawah kepemimpinannya. 

Jokowi menyatakan semua tudingan itu sama sekali tak berdasar. Menurut Presiden, banyak yang ingin melemahkan RI dengan cara-cara yang tidak beradab. "Ngomongin isu antek asing, tuding-tuding ke saya. Jokowi itu antek asing."

Meski begitu, Jokowi mengaku tak ambil pusing dengan aneka tudingan kepadanya. Menurut dia, masyarakat saat ini sudah semakin dewasa memilih kabar. "Sekarang ini masyarakat juga makin matang, makin dewasa.” Masyarakat semakin mengerti soal isu, fitnah, hoax, dan kabar bohong. “Sudah mengerti semuanya."

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI