Sukabumi Update

Wakil Bupati Sukabumi: Bandara Sukabumi Akan Dibangun di Cikembar

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengatakan pemerintah pusat sudah menetapkan bahwa lokasi pembangunan bandara baru di wilayah yang dipimpinnya akan berada di Cikembang, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Awalnya ada tiga lokasi yang dipilih pemerintah pusat, tapi yang paling layak dijadikan bandara hanya di wilayah Cikembar tersebut," kata Adjo di Sukabumi, Senin, 21 Mei 2018.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Sukabumi pastinya akan membantu pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan, dalam masalah pembebasan lahan. Sebab, kata Adjo, setiap kali ada pembangunan bernilai megaproyek, pasti yang menjadi kendala adalah masalah pembebasan lahan.

Namun ia mengapresiasi warga yang terkena dampak pembangunan ini, yang tidak keberatan melepas lahannya untuk kepentingan umum tersebut.

Selain itu, pihaknya akan membantu mengantisipasi adanya mafia tanah yang memanfaatkan rencana pembangunan sehingga harga tanah melonjak.

"Informasi yang kami terima dari pemerintah pusat, untuk sekarang masih dalam proses perencanaan penganggaran. Namun yang pasti pembangunan ini terjadi, apalagi ini janji khusus Presiden RI Joko Widodo untuk warga Sukabumi," tuturnya.

Adjo berharap keberadaan bandara ini akan menunjang moda transportasi di Sukabumi dan mendukung keberadaan UNESCO Global Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, dalam mendatangkan wisatawan mancanegara.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI