Sukabumi Update

Hasil Quick Count Pilkada, Wiranto Imbau Tim Paslon Tak Emosional

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto memberi pesan kepada pasangan calon dan masyarakat dalam menghadapi penghitungan cepat atau quick count yang menyajikan hasil sementara sebelum penghitungan suara yang sah.

"Kami imbau kepada para petugas untuk mengajak pasangan calon dan pendukungnya, tokoh-tokoh politik, dan tokoh-tokoh setempat untuk tidak selalu emosional, baik yang kalah maupun yang menang jangan terlalu emosional," kata Wiranto di Mabes Polri pada Rabu, 27 Juni 2018.

Wiranto meminta pendukung calon yang menang untuk tidak terlalu tenggelam dalam euforia dan yang kalah jangan kecewa berlebihan. "Kita menjaga agar proses perhitungan selesai. Kita mengajak yang kalah dan yang menang menghadapi hasil dengan sikap-sikap yang baik, demokratis, dan ksatria," kata dia.

Sejumlah lembaga survei telah selesai melakukan quick count pilkada 2018 di sejumlah provinsi. Di Jawa Barat versi hasil quick count Indobarometer, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mengungguli tiga pasangan lainnya. Di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mengungguli Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Jika ada yang tak sepakat dengan hasil pilkada, Wiranto meminta agar sengketa itu tidak diselesaikan di lapangan karena soal sengketa pilkada ada wilayah hukum yang tersedia. "Partai politik saya minta supaya tidak menyelesaikan sengketa-sengketa itu dengan cara fisik di lapangan," ujarnya.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI