Sukabumi Update

Kata Panitia Soal Aksi #2019GantiPresiden di Depan Gerai Markobar

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi massa untuk deklarasi gerakan #2019GantiPresiden di Solo pada Ahad, 1 Juli 2018, ramai dibicarakan netizen. Sebab, foto-foto aksi yang tersebar memperlihatkan aksi di Lapangan Kottabarat itu tepat berada di gerai Markobar milik putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming.

Foto massa yang berada di depan Markobar itu menjadi ramai di media sosial. Bahkan akun @markobar1996 juga mengunggah foto tersebut. "Tadi ada yang pagi-pagi udah antri Markobar," cuit akun tersebut.

Salah satu panitia penyelenggara, Endro Sudarsono, membantah pihaknya sengaja menggelar aksi dan gerak jalan di depan Markobar. "Lokasi itu sudah belasan atau bahkan puluhan tahun menjadi titik kumpul aksi," katanya, Senin, 2 Juli 2018.

Biasanya, aksi-aksi serupa di Kottabarat dilanjutkan dengan acara long march hingga ke perempatan Gladak. "Kalau kemarin kami memutar, start dan finis di Lapangan Kottabarat," kata Endro.

Dia mengaku justru baru menyadari keberadaan gerai itu setelah deklarasi gerakan #2019GantiPresiden itu ramai di media sosial. "Setahu saya Markobar dulunya hanya warung kaki lima dan buka malam hari saja."

Endro juga tidak mempermasalahkan unggahan yang beredar di media sosial, termasuk yang diunggah di akun @markobar1996. "Malah bisa jadi ajang promosi kan, berarti aksi kemarin membawa manfaat," ucapnya.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI