Sukabumi Update

Gempa Lombok, BNPB Duga Masih Banyak Korban di Reruntuhan Masjid

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB masih terus melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimpa reruntuhan akibat gempa Lombok. Upaya evakuasi korban salah satunya dilakukan di Masjid Jamiul Jamaah yang berada di kampung atlet sprinter Lalu Muhammad Zohri.

"Masjid ini ada di Desa Bangsal, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, ini tempat asal pelari Zohri" kata Kepala Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di kantornya, Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018.

Sutopo mengatakan akibat gempa, masjid itu ambruk. Ia menduga masih banyak korban yang tertimbun karena saat gempa terjadi sedang berlangsung pengajian. "Proses pencarian saat ini sudah menggunakan alat berat, sampai dengan kemarin belum ditemukan korban," kata dia.

Gempa berkekuatan 7 SR sebelumnya mengguncang kawasan Nusa Tenggara Barat pada Ahad, 5 Agustus 2018 pukul 18.46. Getaran gempa terasa hingga Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut data sementara BNPB, gempa itu menewaskan 131 orang, melukai 1.477 orang dan ribuan lainnya mengungsi. Wilayah yang paling parah terdampak gempa adalah Kabupaten Lombok Utara, tempat Zohri berasal. Di kabupaten tersebut lebih dari 50 persen bangunan ambruk.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI