Sukabumi Update

Menlu Palestina Sampaikan Terima Kasih atas Dukungan Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018. Kedua tokoh ini berbincang-bincang di beranda belakang Istana Merdeka.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, yang mendampingi Jokowi, mengatakan pertemuan ini bagian dari kegiatan solidarity week for Palestine yang dimulai sejak Sabtu, 13 Oktober 2018. Dalam pertemuan itu, kata Retno, Riyad menyampaikan salam dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk Jokowi.

"Palestina menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas hubungan atas dukungan yang selalu diberikan," kata dia seusai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Retno, Riyad memuji sikap pemerintah yang selalu memperjuangkan negaranya dalam forum apapun. "Di manapun isu Palestina dibahas, dia melihat di situ selalu ada Indonesia," ujarnya.

Retno menjelaskan pertemuan terakhir Indonesia dan Palestina terjadi di New York, Amerika, bulan lalu. Saat itu sekitar 40 negara hadir untuk membahas mengenai masalah solusi untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel. Retno menjadi salah satu menteri luar negeri yang hadir.

Menurut Retno, hubungan bilateral kedua negara sangat baik. Bahkan, kata dia, kegiatan solidarity week for Palestine mendapat respon baik dari Palestina. "Mereka mengatakan apa yang dilakukan Indonesia minggu ini juga akan dirasakan oleh masyarakat Palestina," kata dia.

Selain itu, kata Retno, Riyad berterima kasih atas segala dukungan yang diberikan Indonesia ke negaranya seperti dukungan politik hingga bantuan finansial kepada Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI