Sukabumi Update

Jokowi Akan Resmikan Tol Ciawi - Cigombong Siang Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan bakal meresmikan Tol Ciawi - Cigombong pada siang hari ini, Sabtu, 1 Desember 2018. Tol sepanjang 15,4 kilometer ini merupakan bagian dari ruas Tol Ciawi - Sukabumi.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan langsung tol yang lebih dikenal dengan sebutan tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) tersebut. Konsesi ruas tol ini dipegang oleh anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dengan total nilai investasi mencapai Rp7,7 triliun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna memastikan rencana peresmian tol yang termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut. "Rencananya seperti itu, akan diresmikan besok siang," katanya, Jumat, 30 November 2018.

Direktur Utama Trans Jabar Tol Muhammad Sadali mengatakan tol Ciawi - Cigombong  sudah mengantongi sertifikat laik operasi (SLO) sebagai syarat utama untuk bisa beroperasi pada pekan lalu. “SLO sudah pekan lalu. Setelah diresmikan, setelah kami menunggu SK (Surat Keputusan) tarif dari Menteri PUPR,” ucapnya.

Setelah beroperasi, seksi I tol Bocimi diharapkan bisa memecah kepadatan lalu lintas Bogor - Sukabumi. Pasalnya, Cigombong merupakan salah satu titik kemacetan di jalur sepanjang 60 kilometer tersebut. Secara keseluruhan, Tol Bocimi terdiri atas empat seksi dengan panjang ruas 54 kilometer.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI