Sukabumi Update

Video 'Banjir Bandang' di Meikarta Bekasi Viral

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video banjir di kawasan Meikarta milik Lippo Grup di Cikarang, Kabupaten Bekasi, viral di media sosial. Seorang pengambil video berdurasi 27 detik tersebut mempresentasikan banjir di sana merupakan fenomena banjir bandang.

"Meikarta banjir bandang, banjir bandang melanda Meikarta, topan, angin badai menghantam, festival hiburan di Meikarta hancur total," kata seorang dalam video yang didapatkan Tempo pada Kamis, 13 Desember 2018.

Dalam video tersebut terekam arus deras mengalir membawa material seperti rumput. Warna air kecoklatan layaknya air bah. Sejumlah tenant pedagang roboh. Tampak beberapa pedagang membersi barang dagangannya.

Anggota Satuan Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Andika, mengatakan banjir yang melanda kawasan Meikarta pada Rabu sore, 12 Desember 2018, tidak berlangsung lama. Ia melintas sekitar pukul 19.00 WIB, kondisi airnya sudah surut. "Air hanya lewat saja," ujar Andika ketika dihubungi pada Kamis, 13 Desember 2018.

Menurut Andika, penyebab terjadinya banjir di kawasan Meikarta lantaran kapasitas drainase tak sebanding dengan debit air hujan yang terakumulasi. Walhasil, air tersebut meluber ke jalan raya.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI