Sukabumi Update

Video Viral Bendung Katulampa Siaga 1, BPBD DKI: Itu Hoax

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI Jakarta membantah video viral Wali Kota Bogor Bima Arya bahwa Bendung Katulampa dalam kondisi siaga 1. Bantahan itu disampaikan lewat akun Twitter resminya @BPBDJakarta, Selasa sore. 

 “Dari hasil konfirmasi BPBD DKI Jakarta dengan Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, berita tersebut merupakan berita hoax,” tulis BPBD DKI Jakarta dalam akun twitternya hari ini, Selasa, 22 Januari 2018.

Dalam video yang beredar itu, terlihat Bima Arya berada di Bendung Katulampa. Bima, dalam video itu menyatakan debit air di pintu air itu sudah siaga 1 sehingga warga bantaran Kali Ciliwung harus waspada banjir.

Menurut BPDB DKI Jakarta, keadaan Bendung Katulampa hari ini per pukul 16.00 WIB, pintu air tersebut dalam status siaga 4 alias aman. Tinggi permukaan air pun 30 sentimeter.

BPBD DKI Jakarta lewat akun Twitternya juga mencuit video klarifikasi dari Bima Arya. Menurut Bima, video yang beredar di media sosial itu telah diunggah di akun instagram miliknya setahun lalu. “Ini hoax. Kondisi di Katulampa saat ini aman terkendali,” tutur Bima dalam video konfirmasi yang diunggah oleh Twitter BPBD DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat agar tak termakan informasi hoax soal bendung Katulampa. Jika membutuhkan informasi aktual, masyarakat dapat membuka situs www.bpbd.jakarta.go.id atau hubungi call center Jakarta Siaga dengan nomor 112.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI