Sukabumi Update

Mengupas Klaim Emil Soal 4 Juta Warga Jabar Kini Berbalik Dukung Jokowi

SUKABUMIUPDATE.com - Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Amin) semakin menguat di Jawa Barat. Bahkan, dalam berbagai survei pasangan ini sudah unggul di atas Prabowo-Sandiaga Uno. 

Hal ini diungkap Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin, Hasto Kristiyanto. Menurutnya, di Tatar Pasundan,  berdasarkan update survei terakhir, pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Kerja (KIK) itu sudah unggul 4,1 persen atas lawannya.

"Survei sampai hari ini kami unggul 4,1 persen," kata Hasto kepada wartawan di sela-sela Safari Kebangsaan VIII PDIP di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/2).

Namun demikian, Hasto meyakini bahwa angka ini bukanlah terakhir. Sebab, sekretaris jenderal PDIP itu melihat tren elektabilitas Jokowi-Amin semakin hari kian meningkat. "Terus bergerak naik, dan  terus kami cermati," papar Hasto.

BACA JUGA: NU Kota Sukabumi dan RNJ2P Deklarasi Dukung Paslon Jokowi Ma’ruf

Hasto menyakini tren ini karena banyaknya dukungan dari berbagai elemen masyarakat maupun tokoh-tokoh di Tanah Pasundan, diantaranya Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, Agum Gumelar, Solihin GP, TB Hasanuddin dan habaib, salah satunya Habib Alwi.

"Secara sosiologis di Jabar dukungan tokoh itu menjadi referensi bagi masyarakat. Ketika mereka bersatu, maka ini menjadi sebuah gerak bersama bagi masyarakat pendukung Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf," ungkap Hasto.

Mengenai hal ini, Ridwan Kamil optimis raihan suara pasangan Capres Nomor Urit 01, Jokowi-Amin bisa maksimal di Jabar. "Alhamdulilah, hasil pembacaan-pembacaan di lapangan dan di pergerakan arahnya sangat positif. Insya Allah, Jabar akan maksimal untuk Pak Jokowi-Amin," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengakui di pemilihan presiden sebelumnya Jokowi tidak banyak unggul di Jabar. Namun, berdasarkan survei yang dia peroleh, suara Jokowi saat ini bisa lebih mengamankan kemenangan.

"Dulu dengan kalah minus 20 persen itu di Jawa Barat Pak Jokowi bisa menjadi presiden. Per hari ini survei mengindikasikan sudah hampir seimbang, bahkan beberapa survei sudah lebih," ujar Ridwan.

Karena itu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini optimis banyak warga yang sebelumnya tidak memilih Jokowi, kini sudah beralih ke calon presiden petahana itu. Meskipun menurutnya hal itu masih harus dibuktikan di hari pencoblosan.

"Ini mengindikasikan berarti ada 4 jutaan warga yang dulu tidak memilih (Jokowi) sudah balik kanan, meyakini kepada 01," kata Ridwan.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI