Sukabumi Update

Heboh Air Terjun Keluar dari Kawah Gunung Galunggung, Ini Penjelasan BPBD

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Tasikmalaya, Jawa Barat tengah dihebohkan dengan kemunculan air yang disebut mirip air terjun keluar dari tebih kawah Gunung Galunggung di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis (28/3/2019). Video kemunculan air dari tebing gunung itu bahkan tersebar luar hingga viral di media sosial.

Salah satunya diunggah akun Facebook bernama Jejak Backpacker. "Gunung Galunggung Siaga Banjir menurut info warga yang berada di kaki gunung," tulis akun tersebut dalam narasinya.

Dalam video singkat berdurasi hanya 27 detik itu, terlihat warga heboh keluar rumah sambil melihat ke arah Gunung Galunggung. Sementara beberapa warga lain tampak mengabadikan menggunakan ponselnya.

"Mohon waspada untuk semuanya, saat ini saya sedang berada di jalur menuju Cipanas. Menurut info masyarakat di sini, ada air yang mendadak turun dari puncak Gunung Galunggung, ini yang saya, ini yang di garis putih ini merupakan air yang mendadak turun, ini luar biasa besarnya, mohon waspada untuk daerah Sukaratu," ujar suara dalam rekaman video tersebut.

Penjelasan BPBD

Sementara itu, mengutip akun Twitter BPBD Tasikmalaya @BPBD_KabTasik, memberikan penjelasan. Akun BPBD Tasikmalaya juga mengunggah sebuah foto kondisi kawah Gunung Galunggung yang diambil pada Kamis pukul 15.18 WIB.

"PANTAUAN CUACA Kec. Sukaratu, Desa Linggajati, Kp Batubulu terpantau mendung. & terlihat secara visual air turun dari tebing kawah galunggung. akibat intensitas hujan tinggi. Kondisi kawah saat ini, air yang kluar dari atas masuk ke kawah Galunggung. 15.18 WIB," cuit BPBD Tasikmalaya.

Sumber: Suara.com

Editor : Mulvi

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI