Sukabumi Update

Sore ini, Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penentuan Lebaran

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2019 pada Senin, 3 Juni 2019 petang. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin sidang yang diikuti para ulama, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam, pakar astronomi, delegasi negara sahabat, dan perwakilan masyarakat.

Sidang isbat itu akan diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar perbintangan. Sidang dilanjutkan dengan salat Maghrib.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan Kementerian Agama telah menyebar para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia.

Kementerian Agama memadukan dua metode yaitu melalui perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal untuk menentukan kapan lebaran tiba. Kemudian akan didapatkan prakiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung (rukyat).

Apabila bulan baru terlihat perukyat beberapa saat setelah Maghrib tiba (qobla ghurub) maka pada petang ini ditetapkan sudah memasuki 1 Syawal. Artinya, masyarakat Indonesia akan merayakan Lebaran pada Selasa, 4 Juni 2019 atau puasa berlangsung selama 29 hari versi pemerintah. Sementara itu, jika hilal tidak disaksikan para perukyat, maka 1 Syawal atau lebaran akan jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI