Sukabumi Update

Lomba HUT RI Sebabkan Kebakaran di Jatinegara, Ini yang Terjadi

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghanguskan empat bangunan di RT 10 RW 10 Jalan Mulia, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu sore, 17 Agustus 2019. Sejumlah saksi menyebutkan dugaan api berasal dari kompor yang lupa dimatikan saat empunya rumah ikut lomba untuk memperingati HUT RI ke-74.

"Rumah yang kebakaran itu milik pedagang pecel lele. Dia kelupaan matikan kompor pas ikutan lomba," kata salah satu warga setempat, Rusli Siregar (43).

Berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kejadian memang terdapat kerumunan warga yang tengah menggelar perlombaan 17 Agustus HUT Kemerdekaan RI. Akibat kejadian itu, sebanyak tiga unit rumah dan satu bangunan masjid hangus terbakar.

Saksi lainnya mengaku sempat mendengar suara ledakan kompor beberapa saat menjelang kebakaran. "Ada suara kompor meleduk (meledak). Waktu itu saya nggak tahu kalau akhirnya begini (kebakaran)," ujarnya. 

Perwira Piket Sub Damkar Jakarta Timur, Mardianto, mengatakan, hasil investigasi sementara diketahui lokasi asal api memang dari dapur tempat memasak. "Api menjalar dari dalam dapur rumah warga," katanya.

Sejak laporan diterima, kata dia, sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran diluncurkan ke lokasi permukiman padat itu. Beruntung, hanya dalam waktu 15 menit api kebakaran berhasil dikuasai. 

"Untung ada warga yang mengizinkan kami masuk ke dalam ruangan tamu. Sebab tidak ada jalan yang bisa diakses mobil pemadam. Akhirnya selang kami tarik dari dalam rumah penduduk," katanya sambil menambahkan tak ada korban jiwa akibat kebakaran.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI