Sukabumi Update

Mutasi Polisi: Kapolda Riau, Papua, dan Sultra Dicopot

SUKABUMIUPDATE.com - Mabes Polri kembali melakukan mutasi polisi seperti tertuang dalam Telegram Kapolri Nomor ST/2569/IX/KEP/2019 tanggal hari ini, Jumat, 27 September 2019. Tiga kapolda yang daerahnya bermasalah dicopot, yaitu Riau, Papua, dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Mutasi dalam organisasi Polri hal yang biasa dalam rangka tour of duty dan area, serta untuk meningkatkan kinerja organisasi dan dalam rangka binkar (pembinaan karir)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo, saat dikonfirmasi.

Inspektur Jenderal Widodo Eko Prihastopo yang sebelumnya Kapolda Riau digeser menjadi Pati Baintelkam Polri. Dia digantikan oleh Inspektur Jenderal Agung Setya Imam Effendi.

Adapun Kapolda Papua Rudolf Albert Rodja dimutasikan menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisi Rudolf di Papua akan ditempati Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, yang pernah menjabat Kapolda Papua pada 2015-2017.

Kapolda Sultra Brigadir Jenderal Iriyanto juga dicopot lalu digeser menjadi Irwil 3 Irwasum Polri. Ia digantikan oleh Brigadir Jenderal Merdisyam. 

Riau, Papua, dan Sutra memang menjadi sorotan. Riau santer diberitakan soal kebakatan hutan dan lahan (karhutla), sedangkan Papua menonjol karena kasus kerusuhan. Sedangkan di Kendari, Sultra, dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) tewas dalam demonstrasi pada Kamis lalu, 26 September 2019. 

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI