Sukabumi Update

Demo 30 September, Ini Tips Aman dan Perlengkapan yang Dianjurkan

SUKABUMIUPDATE.com - Tanda pagar (tagar) #SampaiKetemuDiJalan banyak diserukan warganet di Twitter Senin pagi ini seiring rencana aksi demo 30 September di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Tagar tersebut memuat informasi mengenai tips aman dan peralatan yang dianjurkan untuk dibawa saat mengikuti demo 30 September di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

"Peralatan ini bisa melindungi kamu dari aksi kekerasan orang tak dikenal, maupun kepolisian yang sering menggunakan gas air mata dan pentungan," bunyi imbauan dalam tagar #SampaiKetemuDiJalan hari ini.

Beberapa peralatan yang dianjurkan untuk dibawa, antara lain

-Helem proyek.

-Respirator.

-Googles, sepatu.

-Sarung tangan.

-Pelindung siku, badan, dan dengkul.

Peralatan-peralatan pribadi tersebut dapat mengurangi risiko terkena cedera akibat terpukul benda tumpul dan gas air mata.

Selain itu, tagar #SampaiKetemuDiJalan juga memuat tips penanganan korban gas air mata. Salah satunya ialah mengevakuasi korban dengan cara dipapah dan tak mengajaknya berlari. Sebab, berlari hanya akan membuat korban semakin sesak napas.

Massa juga dianjurkan untuk membawa air asin atau saline water sebagai penawar rasa pedih gas air mata. Larutan ini dapat masyarakat racik sendiri di rumah dengan komposisi garam dan air dengan perbandingan 1:10.

"Bilas wajahmu dengan air ini bila terkena gas air mata," bunyi imbauan tersebut.

Hari ini, berbagai seruan aksi muncul di media sosial. Di Twitter seruan aksi demonstrasi #GejayanMemanggil 2 rencananya akan berlangsung hari ini.

Demo 30 September tersebut akan berlangsung di Gedung DPR dengan tuntutan yang sama, yakni penolakan RKHUP dan pelemahan KPK. DI tanggal yang sama, ada kabar bahwa siswa SMA dan STM akan kembali turun ke jalan seperti 25 September lalu.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI