Sukabumi Update

Pesan Kapolri Idham Azis untuk Banser yang Ikut Jaga Gereja

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis meninjau pos pengamanan di Gereja Katedral Kota Semarang, Rabu, 17 Desember 2019. Idham datang bersama Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjanjanto pukul 14.15.

Mereka kemudian meninjau pos pengamanan di gerbang masuk gereja. Kedatangan Kapolri dan Panglima TNI disambut anggota pengamanan gabungan. Selain terdiri dari unsur kepolisian dan TNI anggota pengamanan juga diikuti Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama atau Banser NU dan Pramuka.

Idham berterima kasih kepada masyarakat sipil yang turut berpartisipasi dalam mengamankan perayaan Natal 2019. "Banser NU ini selalu ikut melakukan pengamanan saat Natal. Saya apresiasi," kata dia.

Banser memang dikenal konsisten mengamankan gereja saat Natal. Banser mulai aktif menjaga gereja sejak Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memerintahkan. Gus Dur memerintah Banser menjaga gereja setelah terjadi perusakan gereja di Situbondo Jawa Timur pada 1996.

Dalam mengamankan gereja, Idham berpesan kepada Banser untuk berkoordinasi dengan TNI dan Polri. "Agar pengamanan yang dilakukan tetap sesuai dengan SOP," ucap dia.

Mereka tak lama berada di Gereja Katedral. Setelah meninjau pos pengamanan dan memeriksa pasukan, rombongan meninggalkan gereja. Selain mengunjungi Gereja Katedral, Kapolri bersama Panglima TNI juga singgah di Akademi Kepolisian Semarang. Di sana dilakukan arahan untuk anggota Polri dan TNI.

"Check and recheck semua peralatan, kendaraan, personil, gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta api, bandara, dan pelabuhan," kata idham.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI