Sukabumi Update

Masuk Puncak Musim Hujan, Kapolri Bentuk Satgas Bencana Alam

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis berencana membentuk Satuan Tugas Bencana Alam. Rencananya pembentukan satgas ini rampung pada awal 2020.

"Dengan memasuki musim penghujan, agar segera membentuk Satgas Bencana Alam secara berjenjang," ujar Idham melalui keterangan tertulis, Senin, 30 Desember 2019.

Idham menuturkan satgas tersebut melibatkan personel di Mabes Polri dan seluruh Kepolisian Daerah yang berperan sebagai Komandan Satuan Brigade Mobil. "Sehingga Polri dapat memantau dan segera melakukan tindakan bila terjadi bencana," ujar Idham.

Sebelumnya, Polri telah menerjunkan sebanyak 2.500 personel yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasional Kepolisian Terpusat Aman Nusa II 2019 untuk disiapkan menanggulangi bencana.

Ribuan personel itu dikerahkan apabila terjadi bencana alam maupun konflik sosial di berbagai daerah. Dalam Satgas Opsus tersebut, jajaran Polri bekerja sama dengan sejumlah pihak, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta TNI.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI