Sukabumi Update

Virus Corona, Kemendag Stop Impor Produk Cina untuk Sementara

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan akan segera menyetop impor makanan maupun bahan makanan asal Cina. Dikutip dari tempo.co, langkah ini diambil untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona atau 2019-nCoV yang berasal dari kota Wuhan, Cina.

"Memang sesuai dengan kondisi yang tidak menentu mengenai virus, kami akan stop sementara untuk pasokan-pasokan makanan dan minuman dari negara yang terjangkit virus tersebut," ujar Agus saat dijumpai di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin, 3 Februari, 2020.

Penghentian impor ini, kata Agus, sejalan dengan adanya imbauan penghentian kebijakan bebas visa untuk warga negara Cina. Agus mengatakan saat ini penduduk Indonesia tercatat sebanyak 260 juta jiwa, sehingga pemerintah harus mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Semua impor yang berkaitan dengan makanan dan minuman itu harus sementara disetop. Ya, bagi pengusaha harus terima, memang begitu kondisinya," ujar Agus.

Meski begitu, Agus mengatakan penyetopan impor produk Cina tersebut tidak dilakukan secara permanen. Moratorium impor berlangsung hingga kondisi wabah virus tersebut mereda. Dengan demikian, Kemendag juga belum dapat memastikan sampai kapan penyetopan tersebut akan berlangsung.

Merujuk dari kejadian serupa virus corona, Agus mengatakan pada kasus SARS terjadi hingga sembilan bulan lamanya. "Mudah-mudahan lebih cepat dari yang dulu. Kita berdoa semua. Ini kan keadaan force majeur. Kita harus hadapi dengan bijak. Dan secara detail bagaimana kasus ini kita tangani," ujar Agus.

 

Sumber : tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI