Sukabumi Update

Presiden Jokowi Rayakan Hari Pers Nasional di Kota Banjarbaru

SUKABUMIUPDATE.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di arena utama peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu, pukul 09.20 Wita.

Jokowi berjalan dari gedung utama kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menuju arena utama HPN di lapangan terbuka yang jaraknya sekitar 100 meter.

Orang nomor satu di Indonesia itu, didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Acara dimulai dengan sambutan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari yang sebelumnya dibuka tarian kolosal ayunan dari tim Bastari Kandangan.

Setiap tahun peringatan Hari Pers Nasional digelar pada 9 Februari. Sebagian besar publik mungkin menerimanya tanpa pertanyaan dan tidak mempedulikan asal muasal dari penetapan tanggal tersebut.

Itu merupakan tanggal lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi yang oleh pemerintah Orde Baru (1967-1998) ditetapkan sebagai satu-satunya wadah bagi jurnalis Indonesia.

Gagasan awal soal Hari Pers Nasional baru muncul pada kongres ke-16 PWI, 4-7 Desember 1978, di Padang.

Salah satu keputusan kongres adalah mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan 9 Februari, tanggal lahir PWI, sebagai Hari Pers Nasional.

Setelah tujuh tahun terbitlah Surat Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 yang menetapkan tanggal 9 Februari itu sebagai Hari Pers Nasional (HPN). (Antara)

Sumber: Suara.com

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI