Sukabumi Update

Survei Median: Publik Pilih Anies Bukan Karena Kinerja, Tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil sigi Media Survei Nasional (Median) menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi dua tokoh favorit untuk maju di Pilpres 2024. Melansir dari tempo.co, dari hasil survei itu, Prabowo meraup 18,8 persen suara. Sementara Anies Baswedan dengan 15,8 persen.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan rata-rata responden memilih Anies bukan karena kinerja. "Ini pertanyaan terbuka ya jadi kami membebaskan responden untuk menjawab, itu yang pertama yang paling besar itu adalah orang mengatakan bahwa Pak Anies Baswedan ini religius atau dekat dengan ulama," kata Rico, di Jakarta Pusat, Senin, 24 Februari 2020.

Dari hasil sigi, kedekatan Anies dengan agama menjadi faktor paling dominan dengan 15,1 persen. Selanjutnya, faktor yang dilihat adalah cerdas dan pintar sebesar 11,3 persen, lalu faktor tutur kata bagus di peringkat tiga dengan 8,8 persen.

Faktor kinerja hanya berada di peringkat empat dengan 7,7 persen. "Kalau faktor kinerja sebenarnya belum menjadi alasan utama orang memilih Anies Baswedan begitu," kata Rico.

Menurut Rico, faktor kedekatan dengan ulama ini tak terlepas dari aksi 212 pada 2017. Momen itu bertepatan dengan Pemilihan Gubernur yang akhirnya melengserkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. "Mungkin selama ini dianggap dekat deng

 

Sumber : tempo.co

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI