Sukabumi Update

Kemenkes Catat 16.099 Kasus DBD, 100 Orang Meninggal

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Kesehatan mencatat jumlah kasus demam berdarah dengue atau DBD di Indonesia telah menelan 100 korban meninggal dari total 16.099 kasus dalam periode Januari sampai dengan awal Maret 2020.

Dilansir dari tempo.co "Kasus 16.099 dengan kematian 100 untuk nasional," kata Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Senin, 9 Maret 2020.

Untuk menekan angka itu, Nadia mengatakan pihaknya melakukan sejumlah langkah preventif, antara lain pemberantasan sarang nyamuk, baik di rumah, sekolah, tempat umum maupun rumah ibadah. Pemerintah juga akan mengambil langkah untuk memastikan logistik untuk tes DBD mencukupi seperti persediaan abate, insektisida serta larvasida.

Selain itu, kata Nadia, pemerintah sudah melakukan antisipasi jika terjadi peningkatan kasus DBD di beberapa daerah. "Menyiagakan rumah untuk antisipasi peningkatan kasus DBD dan memastikan cairan dan alat infus tersedia," ujarnya.

Salah satu daerah dengan jumlah kasus terbanyak adalah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Di sana sudah ditemukan 1.190 kasus DBD dengan jumlah meninggal 13 orang.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI