Sukabumi Update

Cegah Corona, Menteri Agama Imbau Masjid Tak Pasang Karpet

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi akan segera memberi imbauan kepada masjid-masjid untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19. Dilansir dari tempo.co, yang pertama adalah tak menggunakan karpet yang biasa menjadi sajadah atau alat salat di masjid.

"Satu menggulung semua karpet-karpetnya, karena ternyata itu salah satu sumber penyakit," kata Fachrul saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Maret 2020.

Hari ini, Fachrul mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan penyemprotan disinfektan di lantai masjid. Di Istiqlal pun seluruh karpet digulung dan ditumpuk di pojokan masjid. Penyemprotan antiseptik juga disarankan Fachrul untuk dilakukan di masjid seluruh Indonesia.

Selain itu, Fachrul mengimbau agar kontak fisik selama ibadah di masjid dikurangi. "Kita sarankan untuk tidak lagi sementara waktu ini bersalaman apalagi bercipika cipiki apalagi terhadap ini karena itu juga ternyata media untuk penularan penyakit," kata dia.

Pengambilan air wudhu juga menjadi perhatian Fachrul. Ia meminta masjid untuk memastikan air wudhu mengalir dan antiseptik atau sabun disiapkan untuk memastikan kebersihan.

Selain itu, ia meminta jika memungkinkan masjid menyiapkan pemeriksaan thermal scan di pintu masuk. "Oh nanti kita siapkan ya, untuk bisa melalui pintu-pintu masuk. Mudah-mudahan itu akan membuat jemaah lebih tenang melakukan ibadah," kata Fachrul.

Fachrul menegaskan ibadah berjamaah seperti salat Jumat tetap diperbolehkan dan akan dilaksanakan di Indonesia. Ia mengatakan pemerintah belum akan melakukan tindakan pencegahan hingga membatasi ibadah berjamaah seperti di beberapa negara lain.

 

Sumber : tempo.co

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI