Sukabumi Update

Terbitkan Telegram Soal Corona, Polri akan Gencar Razia Siber

SUKABUMIUPDATE.com - Markas Besar Kepolisian RI atau Mabes Polri bakal semakin gencar patroli siber selama masa penanganan wabah virus Corona saat ini.

Melansir dari tempo.co, pemberitahuan itu tertuang dalam surat telegram bernomor ST/1100/IV/HUK.7.1./2020 tertanggal 4 April 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Setidaknya ada tiga hal yang dipantau dalam patroli siber, yaitu berita bohong atau hoaks terkait virus corona, penghinaan terhadap presiden dan pejabat pemerintah, dan praktik penipuan penjualan alat-alat kesehatan secara daring.

"Penyebaran hoaks terkait corona dan kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana," demikian bunyi salah satu paragraf dalam TR tersebut.

Lalu untuk yang melakukan penghinaan terhadap presiden dan pejabat pemerintah akan dikenakan Pasal 207 KUHP. Sedangkan untuk penipuan penjualan alat-alat kesehatan secara daring, dikenakan Pasal 45A ayat (1) jo Pasal 28 ayat (1) UU ITE.

Untuk itu, Polri akan berkoordinasi dengan penyedia jasa internet, serta memberikan akses kepada mereka yang akan melakukan perawatan rutin dan insidentil. "Laksanakan patroli siber untuk monitoring perkembangan situasi serta opini di ruang siber dan laksanakan penegakan hukum secara tegas."

Terkait kasus berita hoaks, hingga 3 April 2020, Kepolisian RI telah menindak 72 kasus yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

 

Sumber : tempo.co

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI