Sukabumi Update

BNPB Temukan Akun Medsos Penipuan Berkedok Donasi Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana meminta masyarakat lebih waspada dalam memberikan donasi penanganan Covid-19. Dilansir dari tempo.co, pasalnya BNPB menemukan akun Instagram yang mencatut nama dan lambang lembaganya untuk penipuan berkedok donasi.

“BNPB mendapati pemilik akun Instagram yang mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah pandemik COVID-19,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, Ahad, 12 April 2020.

Agus penipu menggunakan nama akun bnpb.go.id. Ia mengatakan akun tersebut menggunakan logo dan tulisan BNPB Provinsi. Di akun tersebut si penipu juga mencantumkan nomor rekening BNI. Di sana juga tertulis, ‘Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai Yang Donatur kasih kan di simpan buat Uang Kas Indonesia.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi,” kata Agus.

Agus mengatakan BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk memblokir rekening dan akun penipuan tersebut. Dia bilang penerimaan donasi Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Covid-19.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI