Sukabumi Update

Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penentuan Syawal pada 22 Mei

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat awal bulan Syawal 1441 Hijriah pada Jumat, 22 Mei 2020.

Dilansir dari tempo.co, "Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menteri Agama dan Wakil Menteri, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim, dalam keterangan tertulis, Sabtu 16 Mei 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Karena masih pandemi Covid-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kami undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan," kata dia.

Agus mengatakan tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana penetapan awal Ramadan. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama Fachrul Razi dan dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," katanya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI