Sukabumi Update

Ratusan WNI yang Pulang dari Luar Negeri Positif Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan ribuan warga negara Indonesia (WNI) telah kembali ke Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Dilansir dari tempo.co, ratusan di antaranya diketahui telah positif Covid-19.

"Yang telah diketahui hasil swab-nya adalah 279 orang positif Covid dan sekarang mendapatkan perawatan di Wisma Atlet (Kemayoran)," kata Doni rapat terbatas lewat video conference, Senin, 18 Mei 2020.

Jumlah ini datang dari WNI yang diterima oleh Gugus Tugas satuan gabungan TNI-Polri, Kementerian Luar Negeri, serta Kementerian Kesehatan. Secara keseluruhan, Doni mengatakan jumlahnya mencapai sekitar 4 ribu orang. Untuk sementara ini, yang menunggu hasil swab adalah 2.850 orang. Sedangkan yang sudah kembali adalah 1.493 orang.

Adapun dari pintu masuk di Bali, telah ada 15.300 WNI yang kembali ke Indonesia. Pintu Bali terdiri dari Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa. Dari sana pun, Doni mengatakan ratusan WNI juga dipastikan telah terpapar.

"Dari hasil pemeriksaan ABK WNI melalui pintu Bali, terdapat 312 orang yang positif Covid, dan saat ini dilaksanakan perawatan di 13 rumah sakit rujukan di wilayah Denpasar dan sekitarnya," kata dia.

Gelombang besar kepulangan WNI telah dimulai dalam beberapa pekan belakangan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan hingga 13 Mei 2020 saja, ada 95.102 WNI yang kembali ke Indonesia. Kebanyakan dari mereka dan datang dari Malaysia dan lainnya merupakan Anak Buah Kapal yang bekerja di kapal pesiar.

Malaysia memang mendominasi lokasi kepergian para WNI tersebut. Menurut Retno, dari Maret sampai Mei, ada 74.870 WNI yang pulang dari Malaysia. Sebanyak 21 persen di antaranya lewat jalur darat, 64 jalur laut, dan 15 persen lewat jalur udara.

Sumber: Tempo.co

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI