Sukabumi Update

Begini Pemerintah Bandingkan Jumlah Tes Covid-19 dengan Tetangga

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah, Achmad Yurianto, mengakui bahwa tes atau pemeriksaan kasus Covid-19 di Indonesia masih rendah. Dia menyebut angka 1.752 per satu juta penduduk, yang jauh lebih kecil dibanding banyak negara tetangga.

Namun, Yuri menegaskan, itu bukan berarti menjadi gambaran bahwa keseriusan pemerintah tidak terlihat dalam penanganan wabah penyakit menular ini. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Kementerian Kesehatan ini, beberapa faktor seperti tingkat ancaman epidemiologis di setiap negara berbeda.  

"Tidak akan bisa secara utuh dibandingkan dengan negara lain," kata Yuri di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu 13 Juni 2020, seperti dikutip dari situs web BNPB.

Yuri juga menyebut faktor kepulauan dan cakupan wilayah luas yang mempengaruhi adanya perbedaan dan menjadi hambatan tersendiri bagi Indonesia. Itu sebabnya, menurutnya, akan lebih obyektif membandingkan data dari negara lain dengan setiap episentrum yang ada di Indonesia seperti DKI Jakarta, Surabaya, Makassar, juga Kalimantan Selatan.

Pemerintah, kata Yuri, akan menghitung kembali jumlah tes yang sudah dilakukan per sejuta penduduk di tiap-tiap episentrum itu. "Ini menjadi faktor pengukur yang lebih obyektif, kalau kemudian kita mau melihat kinerja secara keseluruhan, dari upaya kita bersama dalam menanggulangi Covid-19," katanya menambahkan.

Yuri menyodorkan data pengujian yang sudah dilakukan di DKI Jakarta yang disebutnya sebagai episentrum besar. Pemeriksaan disebutnya telah dilakukan terhadap 17.954 orang dari setiap satu juta penduduk di DKI. Angka itu menjadikan Indonesia lebih tinggi ketimbang Thailand yang secara keseluruhan mencapai 6.708 per satu juta penduduk.

Kemudian di Filipina 4.419 orang per satu juta penduduk, Jepang hanya 2.626 per satu juta penduduk. Tapi untuk skala DKI pun Indonesia masih berada di bawah Malaysia. "Malaysia telah melakukan 19.118 tes per satu juta penduduk," kata Yuri.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI