Sukabumi Update

150 Wartawan Jalani Tes Swab Covid-19 di Dewan Pers Hari Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 150 wartawan menjalani tes swab di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Agustus 2020. Dilansir dari Tempo.co, tes tersebut diadakan oleh Dewan Pers bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan diikuti oleh wartawan dari berbagai media.

Dari pantauan Tempo di lokasi, para peserta tes usap tersebut dijadwalkan untuk datang dalam waktu yang berbeda-beda. Hal ini guna mencegah kerumunan yang dapat mengganggu penerapan protokol jaga jarak.

"Saya terdaftar untuk dites swab jam 10.30," ujar Taufik, salah seorang peserta tes yang Tempo temui di lokasi.

Sebelum menjalani tes swab, para peserta terlebih dahulu melakukan wawancara singkat dengan dokter yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Mereka ditanyai mengenai riwayat berpergian, riwayat penyakit, hingga ada atau tidaknya keluhan kesehatan yang mirip seperti ciri-ciri Covid-19.

Setelah wawancara singkat, mereka menjalani tes swab dengan pengambilan sampel lendir dari mulut dan hidung. Proses pengambilan sampel itu hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Seperti diketahui, profesi jurnalis sangat rentan penularan Covid-19. Terakhir 4 wartawan kantor Berita Antara diketahui positif Covid-19. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan selain wartawan ada juga office boy yang positif Corona.

"Yang empat ini sekarang sudah isolasi mandiri di rumah masing-masing. Satu orang itu dia di RSUD Tarakan," kata dia saat dihubungi, Selasa, 11 Agustus 2020.

Walda Marison, salah seorang peserta tes swab yang Tempo temui di lokasi mengaku sangat terbantu dengan tes gratis tersebut. Sebab, jika mengikuti tes swab secara mandiri di rumah sakit, ia membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

"Tes gratis ini membantu banget. Apalagi saya pekerja media yang sering ke luar dan ketemu banyak orang, jadi punya risiko tinggi tertular Covid-19," kata jurnalis kompas.com ini.

Hasil tes swab terhadap 150 awak media ini nantinya akan dikirimkan ke asosiasi media masing-masing dalam 5 hari ke depan. Total ada 5 asosiasi yang menaungi 150 pekerja media yang menjalani tes hari ini, antara lain IJTI, PWI, PFI, AMSI, dan ATVSI.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI