Sukabumi Update

Di Tengah Pandemi, Sidang Tahunan MPR Hanya Dihadiri 161 Anggota

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR, yang digelar Jumat, 14 Agustus 2020. Dilansir dari Tempo.co, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini sidang dilaksanakan dengan berbagai pembatasan agar protokol kesehatan dapat diterapkan.

Rapat dibuka oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Dalam pembukaananya, ia mengatakan tak semua anggota hadir dalam rapat ini. "Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan secara general, sampai saat ini telah 161 anggota, dan kehadiran virtual 264 anggota," kata Bambang Soesatyo.

Dalam kesempatan itu, Jokowi hadir dengan menggunakan pakaian adat Sabu asal Nusa Tenggara Timur. Jokowi hadir didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Namun tak seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya Jokowi yang mengenakan baju adat. Peserta rapat hanya mengenakan jas biasa. Mulai dari para menteri hingga para anggota DPR lainnnya. Namun sesuai dengan protokol kesehatan, semua peserta rapat termasuk juga Jokowi, datang dengan menggunakan masker.

Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Selain itu, ia juga akan menyampaikan Nota Keuangan dan Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 pada pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Sidang bersama DPR dan DPD, serta pidato kenegaraan Presiden ini bakal digelar lebih sederhana dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak Maret 2020 lalu, menjadi alasan utamanya.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI