Sukabumi Update

November Mulai Vaksinasi Covid-19, Bio Farma: Harga Kisaran Rp 200 Ribu

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah berencana mulai penyuntikan vaksin Covid-19 pada akhir November mendatang, standarisasi harga pun mulai dirumuskan agar vaksinasi bisa menjangkau semua kalangan masyarakat.

Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengatakan salah satu kandidat vaksin yang telah berkomitmen dengan pemerintah adalah vaksin buatan perusahaan biofarma China, Sinovac Biotech Ltd yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 200 ribu.

"Produksi bulk dari Sinovac kami sudah coba hitung dan tujuannya tetap tidak memberatkan pemerintah. Kisarannya di Rp 200 ribu. Itu masih kisaran ya, mudah-mudahan bisa lebih murah lagi," kata Bambang dalam diskusi dari BNPB, Jakarta, dilansir dari Suara.com, Senin (19/10/2020).

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito manambahkan, saat ini pemerintah masih merumuskan standar harga vaksin yang bisa didapatkan masyarakat.

"Tentunya juga yang tidak memberatkan masyarakat juga, kita sebagai satu bangsa harus saling gotong-royong mendukung, nanti pemerintah akan menentukan bagaimana skema pembayarannya," jelasnya.

Sejauh ini Vaksin Sinovac ini sedang dalam uji klinis fase III terhadap 1.620 relawan yang diuji Universitas Padjajaran dan PT Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut Bambang, Sinovac telah berkomitmen kepada Indonesia untuk dapat membeli vaksin dalam bentuk jadi sebanyak 2 kali pengiriman, pada bulan November akan dikirimkan 1,5 juta dan di bulan Desember 1,5 juta vaksin.

Selain itu Indonesia juga melakukan pembicaraan antara Wuhan Institute Biological Products melalui BUMN PT Kimia Farma.

Indonesia juga dikabarkan bekerja sama dengan Genexine asal Korea Selatan melalui perusahaan swasta, PT Kalbe Farma.

Di sisi lain, Indonesia juga mengembangkan vaksin dalam negeri bernama Vaksin Merah Putih yang diproduksi oleh PT Bio Farma bersama Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Sumber: Suara.com

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI