Sukabumi Update

Sumpah Pemuda ke-92 Sebentar Lagi, Ini Panduan dan Logonya!

SUKABUMIUPDATE.com -  Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020 akan jatuh pada Rabu (28/10/2020), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga telah menerbitkan panduan desain materi publikasi Sumpah Pemuda yang ke-92 ini.

Dilansir dari Tirto.id, logo HSP ke-92 menggunakan perpaduan warna yang beragam, hal ini melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa.

Warna biru pada logo yang ada melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan/pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) negeri. 

Logo yang dimunculkan menampilkan dua insan yang saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Inonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun. 

Konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat bersatu dan bangkit untuk melawan COVID-19. 

Sementara pemilihan huruf Montserrat Bold dan Righteous memiliki kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif.

Ikrar Sumpah Pemuda sendiri dicetuskan pada 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda II dan isinya memiliki makna yang mendalam bagi sejarah bangsa Republik Indonesia, yakni bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia. 

Isi Sumpah Pemuda Dalam Kongres Pemuda II tersebut, para peserta bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda, berikut isinya: 

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. 

2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

SUMBER: Tirto.id

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI