Sukabumi Update

Jamaah Umrah yang Pulang Wajib Karantina di Asrama Haji Pondok Gede

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan setiap jamaah umrah yang baru pulang dari Mekkah, Arab Saudi, wajib menjalankan protokol kesehatan berupa isolasi. Rencananya, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur akan menjadi lokasi karantina mereka.

Dikutip dari Tempo.co, saat tiba di Indonesia, para jamaah umrah akan dites sebagai langkah screening. Hal ini dilakukan untuk memastikan status kesehatannya terkait Covid-19.

"Sambil menunggu hasil tes, jemaah akan dikarantina di lokasi yang telah ditentukan, yaitu asrama haji Pondok Gede di Jakarta Timur," kata Wiku, Selasa, 10 November 2020.

Wiku mengatakan jika hasil tes menunjukan hasil positif, maka jemaah akan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Saat ini, sejumlah rumah sakit rujukan sudah semakin tersebar di Jakarta, termasuk di antaranya Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Timur.

"Bagi jemaah umrah yang hasil tesnya negatif, maka wajib untuk melaksanakan isolasi di fasilitas kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah," kata Wiku.

Hari ini, kloter pertama kepulangan jamaah umrah asal Indonesia dikabarkan tiba. Diketahui pembukaan umrah pertama baru berjalan Ahad, 1 November 2020 lalu. Pemerintah Arab Saudi telah resmi menerapkan aturan lama perjalanan umrah adalah maksimal 10 hari, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI